KENAIKAN AIR LAUT

     Bumi merupakan tempat hidup bagi para mahluk hidup. Bumi ini akan seimbang jika kita dapat menjaga bumi dengan baik. Namun, semakin lama bumi ini semakin tidak seimbang dikarenakan meningkatnya suhu rata-rata bumi yang disebabkan oleh berbagai factor baik dari manusia itu sendiri seperti penggunaan bahan bakar pada kendaraan, penebangan hutan dan lain sebagainya. Pemanasan global memiliki berbagai dampak dan salah satu dari dampak itu adalah kenaikan air laut. 
    Menurut hasil studi tentang perubahan iklim menunjukkan bahwa potensi kenaikan tinggi muka air laut akan bervariasi dari 60cm sampai 100cm, sampai dengan tahun 2100 (BAPPENAS 2010). Kenaikan air laut ini sangat berdampak bagi lingkungan dan bagi hidup mahluk hidup baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Banyak dampak yang dapat ditimbulkan dari kenaikan air laut seperti, berkuranganya luas daratan, meningkatnya intensitas banjir, merusak lingkungan, dan habitat hewan dapat hilang. Bagian wilayah yang paling merasakan dampak dari kenaikan air laut adalah wilayah pesisir. Di wilayah ini setidaknya 60% manusia melakukan aktivitasnya. Manusia melakukan aktivitas di wilayah pesisir dikarenakan berbagai hal, diantaranya yaitu kesuburan daerah delta, ketersedian bahan makanan, dan akses transportasi (Vellingga dan Leatherman 1989). Contoh dari pulau yang terancam terkena dampak dari kenaikan air laut yaitu Pulau Tuvalu yang berada di Jepang. 
        Dengan berbagai hal yang ditimbulkan dari kenaikan air laut, sudah seharusnya kita harus memperbaiki apa yang sudah ditimbulkan dari kenaikan air laut tersebut. Berbagai macam solusi yang telah dilakukan dari beragai pihak dan apabila ini tidak dilakukan maka semakin lama bumi ini akan semakin rusak. World Wide Federation (2016) menyatakan bahwa ada beberapa solusi yang telah mereka lakukan agar bumi ini tetap terjaga keseimbangannya yaitu, adaptasi, mitigasi, kampanye dan negosiasi internasional. 
       Kesimpulannya adalah globalisasi sangat berdampak bagi lingkungan, salah satu dampak dari globalisasi ialah kenaikan air laut. Dari kenaikan air laut, timbul berbagai macam masalah yang berdampak bagi lingkungan maupun kehidupan mahluk hidup. Masalah yang ditimbulkan dari kenaikan air laut merupakan permasalahan publik dan kita harus mulai menanganinya dengan teknologi yang ada dan dengan solusi-solusi lain. Kesadaran dari diri sendiri merupakan langkah awal dari perubahan lingkungan agar menjadi lebih baik 

Sumber :
Badan Pembangunan Nasional, 2010. ( 5 Desember 2011). 
WWF


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Serem juga kalau baca ini, sebaiknya kita mulai menanam pohon untuk mencegah global warming, minimal 1 pohon 1 rumah :)

    BalasHapus

E-currency exchange rates list